in

Tiap Hari Ditagih Pinjaman Online Padahal Tak Utang, Bagaimana Solusinya?

Berhati-hatilah dengan pinjaman online yang tak terdaftar alias ilegal. Sebab, sudah banyak kasus terjadi seseorang menjadi ikut ditagih oleh pinjaman online. Padahal, bukan dia yang melakukan pinjaman online, melainkan kerabat atau rekannya.

Seperti misalnya contoh kasus di bawah ini:Saya dituduh melakukan pinjaman online. Setiap hari ditagih melalui telepon padahal saya tidak melakukan pinjaman apa pun. Apakah bijak jika saya mendiamkan atau memblok panggilan tersebut? Apa yang sebaiknya saya lakukan?

Tiap Hari Ditagih Pinjaman Online Padahal Tak Utang, Bagaimana Solusinya?
com-Pinjaman Online Foto: Dok. Finmas

Berikut jawaban Alfred Nobel Sugio Hartono, S.H., M.Hum., pengacara yang tergabung dalam Justika yang juga Managing Partners Firma Hukum Alfred Nobel SH & Partners:Saya turut Prihatin atas masalah yang menimpa Saudara.Mengenai adanya dugaan atau tuduhan bahwa Saudara telah melakukan pinjaman online, kemungkinan data diri Saudara telah disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan pinjaman online.

Kemungkinan, oknum itu menyuruh pihak penyedia pinjaman online mentransfrer sejumlah dana kepada rekeningnya yang sudah menggunakan identitas Saudara sebelumnya sebagai syarat untuk mengajukan pinjaman online.Perlu diketahui, untuk dapat melakukan pinjaman online, pada umumnya pihak pemberi pinjaman online hanya membutuhkan KTP, nomor handphone, dan akun media sosial saja dari si peminjam untuk kemudian mengisi form permohonan peminjaman melalui aplikasi.

Setelah syarat-syarat tersebut disetujui, maka tidak akan menunggu waktu yang lama untuk dana pinjaman tersebut cair dan diterima oleh si peminjam pada nomor rekening yang didaftarkanHal seperti ini tentu sangat berisiko tinggi mengingat untuk KTP, nomor handphone, dan nama akun media sosial dapat dengan mudah diakses oleh siapa pun dengan adanya keterbukaan informasi di era digital saat ini.Berbeda dengan pinjaman yang dilakukan melalui perbankan, data yang dibutuhkan pada saat melakukan pinjaman dana di bank memiliki banyak persyaratan dan harus melalui proses yang panjang.

Ada banyak dokumen yang harus dilampirkan oleh peminjam seperti KTP, Kartu Keluarga, Kartu Kredit, telepon rumah/handphone, nama orang tua, dan masih banyak lainnya.

Tiap Hari Ditagih Pinjaman Online Padahal Tak Utang, Bagaimana Solusinya? (1)
Ilustrasi pinjaman online. Foto: Iqbal Firdaus/kumparan

Bahkan apabila telah selesai mengurus semua itu, jika terdapat persyaratan dan penilaian pihak bank yang masih meragukan data dari si peminjam, maka pinjaman kemungkinan tidak cair.

Apalagi jika dibarengi dengan pengecekan nama si peminjam di BI Checking mengenai riwayat informasi peminjam atas pinjaman yang pernah diajukan di bank mana pun di seluruh Indonesia.

Langkah yang perlu dihadapi oleh Saudara jika merasa nama Saudara dirugikan oleh pinjaman online tersebut adalah pertama mengecek nama pihak pemberi pinjaman online. Apakah terdaftar secara legal atau ilegal di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Direktori Fintech OJK.Kedua, setelah didapatkan identitas pihak pemberi pinjaman online tersebut, coba untuk mencari tahu informasi pemilik rekening kepada pihak yang memberi pinjaman.

Jika berhasil mendapatkan nama dari nomor rekening si peminjam, maka patut diduga si peminjam adalah orang yang menggunakan martabat dan identitas palsu dengan menggunakan nama saudara Sebagai pihak yang meminjam dana online tersebut.

Halaman: 1 2

Rekomendasi